Jumat, 09 Juli 2010

LINGKUNGAN HIDUP

a. MAAFKAN AKU

ayam-ayamku

maafkan aku

hari ini tidak ada nasi untuk mu

ibu han dapat rezeki sedikit

ayam-ayamku

jangan marah!

Kuminta tetaplah kau bertelur

Karena hanya dengan telurmu aku dapat bersekolah

Ayam-ayamku

Apabila besok Tuhan melimpahkan berkat-Nya

Untukmu:

Kan kuberi sekantong jagung.

(Surytun,kelas VI SD Kristen II Magelang

JL.Jend. A. YaniNo.30 magelang)

b. KUPU-KUPU

Alangkah eloknya warna mu

Terbang kian kemari

Di antara bunga-bunga

Mencari madu

Kadang ku lihat engkau berayun-ayun

Di tangkai dan daun-daun

Atau berkejaran bersama teman mu

Kupu-kupu

Alangkah senang aku melihat mu

Dapatkah aku memiliki sayap indah

Seperti sayapmu?

(Sigit BK. Kelas 6 SD Palmerah, Jakarta,

Keluarga, 1981)

c. KUNANG-KUNANG

Wahai kunang-kunang

Kau adalah bintang alam

Terbang menerangi jalan senantiasa

Karena pelitamu tak pernah padam

Wahai kunang-kunang

Di mana kah tempat tinggal mu?

Aku ingin bertamu k rumah mu

Karena aku senag pada mu

(Yanti, SMP Kristen kelas 3 A, jlan pangkuruan No.75,

Banyumas, sinar harapan, 7 Maret 1979)

d. AIR

DI mana kau air?

Semua mencari mu

Tanpa drimu…

Orang akan mati karena haus

Tumbuhan menjadi lemas dan layu

Dari pejabat tinggi, rendah…

Sampai pengemis pun

Kau akan di cari

Memang kau tirta

Sanagt di butuhkan oleh semua

Tapi kehadiran mu yang berlimpah

Banayak membuat manusia susah

Bagai mana tidak….

Rumah, tanaman dan ternak

Bias abis karena kau marah

(Endang Sarwih H. kelas II SDK Gayam, Jakarta.

Gatotkaca, NO. 8. 20 PAril 1979)

e.ANGGREKKU SAYANG

Anggrekku kini sedang berbunga

Baunya harum kemana-kemana

Semua yang melihatnya akan tergoda

Datanglah adikku merengek-rengek

Minta di petikan bunga itu

Aku sedih tapi aku juga kasihan pada adikku

Sebab aku tidak tega melihat adikku menangis

Lalu ku petikan Satu

Bunga itu seperti orang yang menangis

Hatiku sangat pilu melihatnya

Oh, bunga anggrekku

Maffkan daku ini

Karena kesalahan ku memetik mu

Demi adikku yang ku sayang

Dan daku pun sayang pada mu.

(Mimin Ulfah Amini, SD Leuweunggajah III, Ciledug,

Cirebon,No.1/IX, 11 April 1981)

f. HUTAN

Oh, hutanku

Betapa rimbunnya kau

Di sana lah para satwa-satwa berteduh

Dan mencari makan

tumbuhan pun hidup bebas

Dan kau pun yang menyediakan udara segar untuk makhluk hidup

Oh, hutanku

Kenapa kau sekarang semakin sedikit?

Mungkin ini ulah para manusia

Yang tidak bertanggung jawab

Oh, hutanku

Semenjak kau semakin sedikit

Para satwa langka pun punah

Karena ulah manusia

Yang tak bernaggug jawab

Dan udara di bumi ini pun semakin tercemar

(Anton Sujarwo P, SMK YKTB 1 kelas 11, Bogor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar